homescontents
arzh-CNendetr

WEBLOGO2022PASKRFX

Written by admin PA Sukamara on . Hits: 626

TIM BINWASDA GELAR EKSPOSE

ekspose 1

Ketua Tim, Drs. H. Moh. Mujib, M.H. menyerahkan Hasil Pengawasan kepada Wakil PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag.

Sukamara | PA Sukamara (Jum’at, 17/7/2020). Usai paruh hari melakukan pengawasan terhadap seluruh kinerja Pengadilan Agama Sukamara, Tim Pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya yang terdiri dari Drs. H. Moh. Mujib, M.H. selaku Ketua Tim, H. Abdussahid, S.Ag., Drs. H. Moklis, H. Abdul Ghoni Hamid, SHI., MHI., Sofyan Saleh Efriyono, S.Pd.I masing-masing selaku Anggota Tim, melakukan Ekspose atas hasil pengawasanya.

Ekspose yang dalam KBBI diartikan sebagai pernyataan (pengungkapan, penyingkapan) secara formal tentang suatu kenyataan tersebut dilangsungkan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sukamara. Dalam eksposenya Hakim Tinggi Drs. H. Moh. Mujib, M.H. menyampaikan beberapa hasil pengawasannnya yang di antaranya adalah terkait keindahan dan keharuman Ruang PTSP, Ruang Ketua dan Ruang Wakil Ketua, serta kebersihan lingkungan kantor yang harus dan selalu dijaga.

Mantan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Malang Kelas IA tersebut pun menyampaikan bahwasannya dari beberapa aplikasi dari Badilag dan dari PTA Palangka Raya sesungguhnya telah diterapkan di PA Sukamara, namun ternyata baru 80 % sebab ternyata aplikasi terkait validasi Akta Cerai dan aplikasi Antrian Sidang belum sepenuhnya diterapkan.

ekspose 2

Tampak Drs. H. Moh. Mujib, M.H. dan H. Abdussahid sedang mengamati Ruang PTSP PA Sukamara

Sementara Drs. H. Moklis yang diberikan amanah menggelar hasil pengawasan di Bagian Kepaniteraan menyampaikan : pentingnya kesamaan tanggal di relaas panggilan dengan tanggal di Jurnal Keuangan; validasi nomor halaman pada e-Register, penutupan di akhir bulan, penutupan di pertrisemester dan penutupan di saat ada pemeriksaan mendadak; dan perlunya ada Peta Yuridiksi di Ruang PTSP.

Adapun ekspose di Bagian Kesekretariatan disampaikan oleh H. Abdul Ghoni Hamid, SHI., MHI. Mantan Sekretaris PA Buntok tersebut menyampaikan bahwa meski Sekretaris PA Sukamara sendirian, dan Kasubbag-Kasubbag nya untuk sementara dijabat oleh Plt dari ASN, tapi sungguh untuk laporan-laporan semisal Rekon telah berjalan dengan baik.

Namun demikian, lanjut Abdul Ghoni Hamid, ada beberapa temuan di Bagian Umum dan Keuangan, di antaranya : tidak adanya penutupan anggaran pertiga bulan; belum adanya SK Opname Fisik dan SK Penetapan Ruangan; dan belum dibuatnya Wasdal DIPA 01 dan 04.

Di akhir acara ekspose, Ketua Tim Pengawasan, Drs. H. Moh. Mujib, M.H. menyerahkan Hasil Pengawasan sekaligus melakukan tandatangan Kontrak Kerja dengan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag.

Semoga dengan adanya Pengawasan rutin seperti ini, semakin membuat Pengadilan Agama Sukamara untuk selalu berupaya tanpa henti melakukan perbaikan dan perbaikan agar tercipta penyelenggaraan tehnis peradilan, pengelolaan administrasi peradilan, dan pelaksanaan tugas umum peradilan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Amin (Redaksi)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sukamara

Jl. Tjilik Riwut KM. 12

Telepon      : (0532) 207 6494

SMS / WA   : 0811 5212 108

Email         : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Tautan Aplikasi