arzh-CNendetr

WEBLOGO2021

Written by admin PA Sukamara on . Hits: 36

Lanpion PTA Palangkaraya Live Virtual Seputar Teknis Praktis Pemeriksaan di Persidangan

 Lanpion Edisi 9 1

Sukamara, Jumat (19/11/2021) Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan kegiatan pembinaan yang dilakukan secara live virtual oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangkaraya bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Sukamara. Kegiatan bertajuk LANPION (Inovasi Pelayanan Pembinaan Online) PTA Palangkaraya ini diikuti oleh Ketua, Hakim, dan Panitera.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Panitera PTA Palangkaraya Nomor W16-A/1285/HM.00/IX/2021 tentang Daftar Narasumber dan Jadwal Pembinaan PTA Palangkaraya Tahun 2021 tertanggal 1 September 2021. Seperti biasa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap minggu pada hari Jumat siang yang diisi oleh Pimpinan dan Para Hakim Tinggi di lingkungan PTA Palangkaraya.

Lanpion Edisi 9 2

Bertindak sebagai narasumber pada siang ini Hakim Tinggi PTA Palangkaraya atas nama Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H.. secara terperinci memaparkan materi tentang.teknis praktis pemeriksaan di persidangan yang diawali dengan pengantar materi seputar latar belakang mengapa materi tersebut penting untuk diangkat, dalam penyampaiannya Hakim Tinggi tersebut menyampaikan terkait banyaknya hakim di berbagai tempat yang dalam sistematika pemeriksaan perkaranya tidak fokus, ada kesan terjadi perbedaan antara masing-masing hakim dalam satu majelis memahami alur inti gugatan perkara. Selain itu, ada pula Majelis Hakim yang yang kurang jeli dalam memperhatikan item-item penting dalam suatu gugatan, sehingga pembuktian di persidangan tidak terarah dengan baik hanya mengikuti pemahaman dan keyakinan para pihak, padahal para pihak disini tidak bisa dianggap benar jika tidak ada bukti pendukung yang menguatkan dalil-dalil dalam gugatannya.

Berangkat dari latar belakang tersebut Hakim Tinggi yang pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Kudus ini membahas step by step mengenai hal tersebut yang diawali dengan tahapan persiapan persidangan, lalu saat persidangan, dan terakhir pasca persidangan. Disini poin pentingnya adalah disaat tahapan pra persidangan dan saat persidangan, karena merupakan bagian sentral dalam pemeriksaan perkara. (red pa skr/ad)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sukamara

Jl. Tjilik Riwut KM. 12

Telepon      : (0532) 207 6494

SMS / WA   : 0811 5212 108

Email         : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Tautan Aplikasi