Seputar Peradilan

FAMILY GATHERING PENGADILAN AGAMA SUKAMARA

fot dg ibu dan anak 2.jpgKeluarga Besar Pengadilan Agama Sukamara

Sukamara | PA. Sukamara (Sabtu, 20 Juli 2019). Kabupaten Sukamara selain dikenal dengan julukan Kota Permata karena terdapat banyaknya batu Permata Kecubung di Sukamara tepatnya di sekitaran Kecamatan Permata Kecubung dan Kecamatan Balai Riam, pun memiliki Semboyan Gawi Barinjam yang artinya adalah “Bekerja Bersama-sama untuk Mencapai Tujuan Mulia”.

Berangkat dari semangat Semboyan Kabupaten Sukamara di atas, di tambah dengan adanya keyakinan kami bahwa bekerja itu tidak cukup kerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas tapi pun harus kerja tuntas/paripurna/sempurna/manuntung, maka munculah semboyan kami yakni Gawi Barinjam Manuntung yang maksudnya adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan mulia secara tuntas/paripurna/hingga usai.

Dan dengan maksud dan tujuan untuk menanamkan serta menancapkan semangat Gawi Barinjam Manuntung tersebut, pada hari Sabtu Pagi tanggal 20 Juli 2019, Keluarga Besar Pengadilan Agama Sukamara mengadakan kegiatan bertajuk Family Gathering Pengadilan Agama Sukamara dengan mengambil tempat lokasi wisata andalan Kabupaten Sukamara yakni Pantai Tanjung Nipah yang berada di Desa Sungai Raja Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua Pengadilan melalui pihak Panitia Family Gathering Pengadilan Agama Sukamara telah pula mengirimkan Surat perihal rencana kegiatan tersebut kepada Kepala Dinas kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sukamara, yang ditembuskan kepada Kepala Desa Sungai Raja dan Kepala Polisi Sektor Kecamatan Jelai, semata pertimbangan untuk menjaga komunikasi  dan etika yang baik selaku calon tamu.

Lalu berbekal Surat Tanggapan dari Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sukamara, yang ditembuskan pula kepada Kepala Desa Sungai Raja dan Kepala Polisi Sektor Kecamata Jelai tersebut, Panitia melakukan survey lokasi dan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak Desa Sungai Raja.

mau berangkat.jpg

Sesaat sebelum berangkat menuju Lokasi Pantai Tanjung Nipah, sebagian menyempatkan foto bersama di depan Kantor Pengadilan Agama Sukamara

Di Pantai yang harus ditempuh dengan perjalanan darat selama sekira 2 jam tersebut karena keadaan sebagian jalan yang masih belum beraspal sehingga mobil tidak bisa melaju dengan kencang, Keluarga Besar Pengadilan Agama Sukamara tidak hanya sebatas rekreasi atau santai-santai. Namun acara Family Gathering tersebut dirangkai pula dengan berbagai kegiatan, di antaranya lomba anak-anak, lomba dewasa (bapak-bapak), makan bersama, penyerahan gaji 13 terhadap rekan-rekan Pegawai Honorer dan acara pertemuan rutin Darmayukti Karini (DYK)Cabang Pengadilan Agama Sukamara.

Sesampainya di Pantai, di bawah rerimbunan Pohon Cemara berdaun lebat yang menjadi khas Pantai Tanjung Nipah, di atas hamparan Tanah Pasir yang putih bersih, di tepi pantai dengan ombak yang tenang, diiringi desiran semilirnya angin pantai, seusai pengantar sekilas dari Ketua Pengadilan Agama Sukamara M. Arqom Pamulutan, Ketua Panitia Family Gathering Jaya Pirgo langsung memandu jalannya kegiatan lomba-lomba.

foto di pantai -kita saja.jpg

foto dg ibu2.jpg

Ketua Panitia yang berasal dari Pulau Sumatera, tepatnya Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi tersebut dengan lihai memandu lomba makan kerupuk, lomba balap bendera dan lomba joged lingkaran. “kita mulai dengan lomba makan kerupuk anak-anak kategori PAUD dulu ya.., Horeee…!!! Sorak sambutan anak-anak”.

Setelah lomba demi lomba terlaksana dengan tertib dan keseruannya masing masing, maka tepat pukul 12.00 wib acara dilanjutkan dengan acara makan bersama. Sejurus kemudian acara dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah bagi para pemenang lomba dan juga bagi seluruh anak-anak yang ikut. “Anak-anak semuanya ! kami menilai bahwasannya kalian semuanya adalah para juara bagi kami, olehnya itu semua dari kalian akan tetap mendapat hadiah, hanya memang bagi anak-anak yang tadi juara di lombanya masing-masing akan mendapat hadiah lebih dari yang lainnya”, jelas Ketua Panitia yang sebelumnya bekerja di BPJS Jambi tersebut mengawali acara pembagian hadiah yang langsung disambut riuh tepuk tangan dari anak-anak.

pembagian hadiah bagi para juara.jpg

saat bagi hadi anak.jpg

usaibagi hadia anak 1.jpg

Foto-foto saat dan setelah pembagian hadiah kepada anak-anak

Usai pembagian hadiah, baik kepada anak-anak maupun pegawai yang kebetulan menang dalam lomba joged lingkaran dan juga makan kerupuk, rangkaian acara diakhiri dengan pemberian gaji ke-13 dari Pengadilan Agama Sukamara kepada 4 Rekan Pegawai Honorer. “Jangan dinilai atau dilihat dari besar atau jumlah nominalnya, namun tolong lihatlah semangat kita semua untuk saling berbagi dan berBarinjam ya…”, pinta Ketua Pengadilan Agama Sukamara yang kali ini juga memboyong istri dan 2 anaknya untuk ikut berpartisipasi pada cara Family Gathering ini.

usai bagi gaji 13.jpg

usai bagi hadiah dewasa.jpg

seru seruan.jpg

Keseruan selepas pembagian gaji 13 kepada Rekan Honorer dan pembagian hadiah pemenang lomba bagi Pegawai

Akhirnya selepas melaksanakan Shalat Dhuhur, bersantai-santai sejenak dan berfoto-foto, sekira pukul 15.00 wib, Rombongan Family Gathering Pengadilan Agama Sukamara dengan bersama-sama lagi kembali menuju ke Sukamara.

makan bersama.jpg

Indahnya kebersamaan – Makan Bersama

Semoga kegiatan tersebut, dapat memberikan kesan baik dan menjadi perenungan bersama bahwasannya untuk menjalankan visi dan misi sebuah Satker perlu pula adanya kerja sama, kerja bersama-sama, sama-sama kerja, dan tentunya harus hingga tuntas bila mengerjakan sesuatunya. Amin (arw).



;