Seputar Peradilan

UNTUK MENINGKATKAN PENGIMPLEMENTASIAN SIPP : PENGADILAN AGAMA SUKAMARA SELALU LAKUKAN DDTK SIPP TIAP PEKANNYA

IMG-20190829-WA0018.jpg

Rapat Evaluasi SIPP pada hari ini, Kamis 29 Agustus 2019

Sukamara|PA.Sukamara (Kamis,29/8/2019). Sudah menjadi kebiasaan bagi Pengadilan Agama Sukamara bahwasannya setiap hari Kamis, sebagaimana pada saat berita ini diwartakan, selalu diadakan Rapat Evaluasi terkait Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP). Ritual saban kamis tersebut dilakukan dengan maksud mengontrol perkembangan (progresifitas) implementasi SIPP di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara.

Untuk diketahui, bahwasannya Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) adalah aplikasi teknologi berbasis web dalam memberikan informasi perkara kepada masyarakat. SIPP juga bisa digunakan oleh pimpinan untuk memonitor kinerja hakim di daerah. SIPP dibangun sebagai media kerja yang baik dan efektif bagi internal pengadilan, tertib administrasi, efektif dan efesien, monitoring dan pengawasan dan yang terpenting adalah media yang memudahkan masyarakat pencari informasi perkara untuk mengupdate informasi perkaranya dengan mudah, cepat dan berbiaya murah.

Dengan format SIPP, masyarakat dapat mengontrol pelaksanaan proses pengadilan melalui Website, dimana terdapat fitur – fitur baru yaitu penambahan fungsi template, delegasi online, dan integrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) Mahkamah Agung dan Direktori Putusan.

Olehnya Rapat Evaluasi tersebut dikhususkan membahas perihal SIPP, maka para peserta rapatnya pun hanya dihadiri oleh Ketua, Wakil, Hakim, Panitera, Panmud Hukum, Panmud Gugatan, Jurusita dan Petugas PTSP. Dan Pengadilan Agama Sukamara selalu konsisten menyelenggarakan Rapat Evaluasi SIPP tersebut.

IMG-20190802-WA0007.jpg

FLEKSIBELITAS : Rapat Evaluaisi SIPP dilangsungkankan di Ruang Hakim (Kamis, 1/8/2019), sebagaimana sebelumnya pernah pula dilangsungkan di Ruang Ketua dan Ruang Panitera.

Alhamdulillah dengan konsistensi diadakannya Rapat Evaluasi terkait SIPP tersebut, selain konsisten berada dalam zona hijau, pun per-periode tanggal 23 Agustus 2019 lalu, Pengadilan Agama Sukamara dalam Rapor Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Periode 23 Agustus 2019 Kategori V (1-250 Perkara)menduduki peringkat/urutan ke-18, peringkat tertinggi untuk ketiga kalinya dan/atau tertinggi ketiga kalainya di wilayah PTA Kalimantan Tengah untuk Pengadilan Agama Kategori V (1-250 perkara). Rasa syukur yang menurut hemat kami bukanlah suatu yang berlebihan, namun sebagai bentuk apresiasi atas kinerja kami,  Pengadilan Agama Sukamara

Semoga Pengadilan Agama Sukamara selalu dapat menjaga konsistensinya tersebut, baik itu konsisten dalam zona hijau yakni konsisten hijau luar dalam, bukan hijau-hijau semangka (luar hijau dalam merah), maupun konsisten melaksanakan DDTK tersebut, yang akhirnya Pengadilan Agama Sukamara selalu progress terkhusus dalam perihal SIPP. Amin (arw)

  

 



;